INI BAHAYA JIKA SERING MENGGUNAKAN TUSUK GIGI

Ketika anda sedang makan dan merasa ada yang mengganjal di sela gigi, hal pertama yang paling banyak dilakukan oleh orang pastinya mencari tusuk gigi. Meskipun tusuk gigi di percaya sangat efektif untuk membersihkan makanan yang menyangkut di sela gigi namun apakah kalian ketahui menggunakan tusuk gigi justru sangat tidak sisarankan karena bisa membahayakan kesehatan pada mulut anda.
Mengapa dikatakan dapat membahayakan? karena potongan kayu pada tusuk gigi tersebut bisa patah dan mungkin akan menusuk jaringan pada gusi anda. Jaringan yang tertusuk akibat tusuk gigi ini bisa berpotensi menjadi salah satu masuknya bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada gusi anda. Jadi jika anda termasuk salah satu yang sering menggunakan tusuk gigi, ketika kalian sedang pergi ke dokter gigi pastinya dokter gigi akan menemukan kerusakan pada gusi ketika anda melakukan pemeriksaan pada kesehatan mulut.
Selain membukan pintu masuknya bakteri, penggunaan tusuk gigi ini juga ternyata bisa menimbulkan bahaya lainnya yang cukup mengerikan salah satunya seperti tertelan tusuk gigi. Seseorang mungkin bisa saja dengan tidak sengaja menelan tusuk gigi tersebut ketika sedang membersihkan sela gigi. Selain itu juga tusuk gigi juga sangat berbahaya untuk anak anak jika di taruk di sembarangan tempat dan dimainkan oleh anak-anak dan ini tentunya bisa menimbulkan luka lain seperti terkena mata, badan atau lainnya
Menggunakan tusuk gigi ini sebenarnya tidak di larang, namun jika anda memiliki pilihan lain untuk membersihkan sela pada gigi sebaiknya jangan memilih tusuk gigi sebagai piliha pertama anda.
Untuk menghindari dari beberapa bahaya dalam penggunaan tusuk gigi anda bisa mencoba beberapa cara alternatif untuk membersihkan makanan yang menyangkut di sela gigi anda seperti :
1. Benang gigi
2. Sikat gigi setelah makan
3. Konsumsi makanan yang bisa membersihkan gigi
Mungkin itulah beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan dan ketahui tentang bahayanya menggunakan tusuk gigi. Jadi jaga terus kesehatan gigi anda dan tetap rutin menyikat gigi agar tetap terjaga dan terhindari dari bakteri yang masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *