Liburan Sambil Belajar, Ini 3 Planetarium dan Observatorium Indonesia Yang Bisa Kamu kunjungi

Jika kamu adalah orang yang suka belajar dan seru-seruan saat liburan, observatorium dan planetarium merupakan destinasi wisata yang wajib kamu datangi. Selain menjadi tempat orang-orang membagikan ilmu pengetahuan tentang benda langit, ada beberapa observatorium yang di jadikan lembaga riset di Indonesia dengan tujuan menjadi pusat dari penelitian dan pembelajaran tentang astronomi.

Dengan berbagai teknologi canggih yang ada, beberapa observatorium yang ada di Indonesia ini memberikan pengalaman tak terlupakan untuk mengenal benda-benda yang ada di langit serta berbagai fenomena yang sedang berlangsung maupun yang sudah lewat.

Dan berikut ini ada beberapa observatorium di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.Yuk, cek daftarnya di bawah ini.

1. Planetarium dan observatorium Jakarta

Berdiri di kompleks Taman Ismail Marzuki, fasilitas observatorium ini sudah ada sejak tahun 1964 dan dijadikan tempat wisata edukasi yang membahas tentang simulasi bintang dan benda-benda yang ada di langit.

Di tempat ini kamu akan menemukan banyak catatan dan foto mengenai teori galaksi dan benda lainnya yang ada di langit, sehingga tempat satu ini banyak di kunjungi ketika menjelang terjadinya sebuah fenomena alam.

2. Observatorium Bosscha

Observatorium yang berdiri di Lembang ini adalah observatorium pertama yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu peninggalan berharga Belanda. Tak hanya itu, observatorium ini mempunyai teleskop dengan diameter 60 sentimeter dan sudah di gunakan sejak tahun 1925.

Observatorium satu ini juga sudah di jadikan pusat penelitian, pengembangan, dan pendidikan ilmu Astronomi Indonesia.

3. Planetarium Jagad Raya Tenggarong

Planetarium yang berada di Kalimantan Timur ini di perkenalkan pada tahun 2002. Di dalam palnetarium yang luas ini kamu bisa menikmati simulasi langit dengan berbagai kondisi cuaca. Kecanggihan benda-benda yang ada juga bisa memproyeksikan berbagai benda angkasa seperti bulan, matahari, komet, dan benda langit lainnya.

Dengan berdirinya palnetarium dan observatorium di Indonesia, maka kita semua akan semakin mengenal lebih banyak tentang benda langit hingga fenomena alam yang terjadi di langit. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu berkunjung ke 3 tempat di atas saat liburan, selain seru-seruan kamu juga bisa menambah wawasan loh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *