Aplikasi WhatsApp Lebih Aman Daripada Telegram, Apakah itu Benar ?

Seperti yang kita ketahui dari pengguna WhatsApp yang pernah ataupun juga menggunakan Telegram secara bersamaan memang banyak sekali perbedaan pada aplikasi iniĀ  jika kita perhatikan lebih mendalam, sebut saja untuk fitur yang dimilki Telegram tentu lebih sangat uggul dari pada WhatsApp, serta fitur enkripsi yang telah lebih dulu di terapkan pada Telegram, hal tersebut menimbulkan banyak polemik yang beredar mengenai kemanan dalam enkripsi data pesan pribadi yang banyak di gunakan oleh netizen yang hal tersebut merupakan sangat privasi dan rahasia.

Untuk segi keamanan untuk menjawab mengenai polemik tersebut kita telah merangkum mengenai hal tersebut disini kepada kalian, langsung saja di simak.

  1. Fitur Enkripsi

Aplikasi dari semuanya memiliki fitur ini yang di gadang-gadang oleh kedua belah pihak lebih aman, akan tetapi pihak Telegram lebih dahulu dalam menerapkan fitur ini dan WhtsApp pun juga menggunakan fitur tersebut agar tidak tertinggal oleh kompetitornya.

Aplikasi telegram sendiri menggunakan enkripsi in house yang meereka sebut MTProto dan untuk kempetitornya WhatApp menggunakan sistem berbasis Open Wishper. Protokol MTProto merupakan server yang di bangun oleh Nikolai Durov serta Developer dari Telegram sendiri. Dan untuk protokol dari Open Whisper yang di kembangkan oleh Moxie Marlinspike yang meruapakan enkripsi yang telah di akui kiprahnya dalam dunia kriptografi dimana server ini sudah di kenalkan di berbagai forum-forum besar untuk meyakinkan penggunanya.

Pihak Telegram juga mengklaim bahwa MTProto miliknya sangat aman untuk meyakinkan para penggunanya, bahkan Durov sendiri pernah melontarkan tantangan secara publik bagi siapa saja yang dapat membobol server dari MTProto akan tetapi dengan berbagai syarat yang cukup rumit, hadiah juga di berikan kepada yang berhasil senilai US$ 200 Ribu, sungguh hadiah yang sangat menggiurkan memang, hingga kini masih belum ada yang memenangkan hadiah tersebut.

2. End to End Encryption / E2E

Lagi-lagi untuk fitur ini Whatsapp juga tertinggal dari Telegram, akan tetapi aplikasi dari WhatApp menerapkan fitur ini pada setiap komunikasinya untuk perorangan serta komunikasi pada grup, akan tetapi pada aplikasi Telegram kita harus menyetel dahulu fitur ini pada setiap grup maupun komunikasi perorangan.

Sistem enkripsi E2E merupakan sistem yang dilakukakn secara otomatis oleh pihak aplikasi dari masing-amsing posel mereka yang mana kunci dari enskripsi itu sendiri di miliki oleh sesama ponsel yang melakukan komunikasi tersebut. Sehingga hampir tidak ada kemungkinan pihak dari aplikasi untuk mengetahui komunikasi tersebut.

Keunggulan WhatsApp terletak pada server yang menggunakan sistem client to client yang mana seluruh data dari pengguna di simpan pada masing-masing ponsel mereka, hal itu berbeda dengan Telegram yang menggunakan sistem Cloud yang mana seluruh data dari aktifitas komunikasi berada pada server mereka.

Bisa kita simpulkan untuk jangka kedepannya mungkin ada kebocoran data terkait dengan server yang di gunakan oleh Telegram, akan tetapi sejauh ini pihak mereka mengaku tidak pernah mengalami hal tersebut dan untuk aplikasi WhatsApp sendiri berpotensi akan mana-aman saja hingga masa yang akan datang berdasarkan kesimpulan yang bisa di ambil dari data di atas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *